Perahu Nelayan Fiberglass

Perahu nelayan atau kapal ikan bahan fiberglass, Semakin mahal dan langkanya kayu jati membuat masyarakat beralih dengan menggunakan perahu nelayan fiberglass. Selain efisien karena harganya yang murah dan hemat bahan bakar, perahu ini juga tidak memerlukan perawatan seintensif perahu kayu. Yang mana setiap tahunnya pasti saja mengalami kebocoran. Setelah dicoba, banyak nelayan yang merasa puas dengan perahu fiber ini.

harga kapal ikan murah

Menurut mereka, perahu yang terbuat dari fiber sangatlah ringan namun tidak oleng meskipun berada di atas permukaan air yang berombak. Sehingga aman digunakan untuk menangkap ikan di laut. Tak hanya bisa digunakan di laut, perahu ini juga bisa dipakai untuk keperluan tambak atau rawa-rawa. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan bentuk dan kebutuhan yang diinginkan. Pemeliharaan dan perawatan perahu yang dilakukan oleh nelayan biasayanya meryupakan pengetahuan turun-temurun. Biasanya diperoleh dari pembicaraan dari mulut ke mulut di lingkungan mereka. Biasanya mereka merawat dan memelihara perahu di pinggir atau tepi pantai. Nelayan yang memiliki perahu fiber beranggapan bahwa perawatan dan pemeliharaan perahu fiber lebih mudah dibanding perahu kayu. Hal ini dikarenakan perahu fiber lebih ringan dibanding perahu kayu. Namun, ada kelemahannya pula, yakni bila perahu fiber sudah rusak parah dan badan perahunya retak maka sulit penanganannya dan mudah pecah apabila diterjang ombak besar. Bekas perahu fiber yang sudah rusak, tidak dapat dipakai lagi. Pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan pada perahu fiber ini biasanya pemeliharaan dan perawatan ringan, yakni retak pada ujung kapal, kayu cadik yang sudah agak rusak, serta cat yang mengelupas. Dan apabila perahunya berlobang, maka cukup ditambal dengan campuran fiber.

jual perahu nelayan

Perawatan perahu nelayan fiberglass yang pertama adalah pengecatan. Hampir sama dengan perahu kayu, proses perawatan ini dibutuhkan karena cat yang digunakan apabila terkena air pasti lama-lama akan mengelupas. Hal ini tentu membuat tampilannya menjadi tidak sedap lagi di pandang. Selain itu, pengecatan juga dilakukan untuk menghindari kebocoran pada perahu. Selain itu, perahu ini meskipun jarang mengalami kerusakan harus sering-sering dikontrol secara teratur setelah pemakaian mulai dari bodi perahu hingga mesin.

Scroll to Top