Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pencegahan Agar Kapal Fiber Tidak Mudah Rusak

Penyebab kapal dan perahu fiberglass rusak, perawatan Kapal, pemeliharaan rantai jangkar memang tidak semudah merawat berbagai benda di sekitar kita, karena butuh cara yang benar agar tidak mengalami kerusakan. Untuk pemeliharaannya juga harus dilakukan secara terus menerus yakni saat kapal naik dok maupun dalam pelayaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan dari kegiatan perawatan dan perbaikan kapal adalah kegiatan yang dilkukan secara terus menerus atau berkesinambungan terhadap peralatan dan perlengkapan agar kapal selalu dalam keadaan laik laut dan siap operasi.

Jika tidak secara terus menerus tentunya akan memberikan efek yang tidak baik pada rantai jangkar. Lalu Bagaimana Merawat Rantai Agar Tidak Cepat Rusak? Rantai Jangkar adalah peralatan penghubung antara kapal dengan Jangkar. Rantai jangkar terdiri dari beberapa bagian panjang rantai yang dinamakan length atau segel. Setiap length atau segel rantai akan disambung satu dengan yang lain serta pada ujungnya terpasang Jangkar dan pada ujung yang dikapal terpasang pada bak rantai (Chain Locker) anjang setiap length/segel rantai oleh klasifikasi ada yang ditentukan 27,45 m dan ada yang 25 m.

Hal yang harus dilakukan ketika terjadi kerusakan

  • •Saat rantai jangkar akan direpasi, rantai jangkar diturunkan dahulu dan kemudian ditata agar mudah dikerjakan.
  • Setelah rantai ditata, kemudian cat lama yang melapisi rantai jangkar dipisahkan dari rantai dengan cara dipukul menggunakan palu sampai lapisan cat terkelupas. Gambar. Membuang cat lama pada rantai jangkar
  • Kemudian rantai dibersihkan dari debu dan karat menggunakan sapu lidi.
  • Setelah itu dilakukan penggeseran segel dari segel yang paling utama hingga akhir.
  • Pengecatan rantai menggunakan cat anti corrosive dengan teknik kuas.

Tentunya suatu benda yang berharga pasti akan dipelihara dan dirawat sebaik-baiknya. Begitu pula dengan perahu, karena perahu merupakan benda penting dalam kehidupan masyarakat nelayan. Pemeliharaan dan perawatan adalah segenap pekerjaan yang dilakukan terhadap benda yangterbuat dari bahan kayu. Tindakan perawatan meliputi perbaikan, pengobatan, dan pembersihan. Kegiatan pemeliharaan dan perawatan perahu yang dimaksud dalam tulisan ini adalah kegiatan yang dilakukan museum terhadap koleksi perahu dan para nelayan. Manajemen merupakan suatu sistem dalem mencapai tujuan organisasi yang didalamnya terdapat fungsi-fungsi yang berkaitan satu sama lain. Manajemen tidak hanya ditujukan untuk mengidentifikasi, menganalisa tujuan- tujuan yang harus dicapai, tetapi juga untuk mengkombinasikan sumber daya secara efektif dan efisien.

 

Scroll to Top