Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pabrik speedboat di Surabaya ingin kalahkan kapal buatan AS

Surabaya – Semarang pabrik industri speedboat, penumpang / passenger, kapal pesiar, kapal ikan nelayan, patroli, lifeboat mancing harga murah jasa pembuatan dari produsen Cahaya Fiberglass Jakarta – Tangerang.  Kapal Speed Boat Fiber Fiberglass Pesiar Mancing Patroli Penumpang Ikan Wisata Cepat Layar Life Banana Catamaran Long Passenger Patrol Pleasure Fishing Harga Jual Pabrik Produsen Galangan Kontraktor Jasa Pembuatan Perbaikan Murah.  Industri perkapalan di Kota Semarang Jawa Tengah mulai menggeliat. Sedikitnya, ada enam pabrik kapal milik swasta yang bercokol di situ. Menariknya lagi, para pembuat kapal di Kota Atlas lebih spesifik dalam memproduksi kapal. Mereka tak asal membuat kapal besar. Tapi kapal bikinan mereka dalam bentuk kapal cepat alias speedboat. Pengusaha kapal lokal, bahkan sesumbar bisa mengalahkan dominasi asing bila ditopang sumber daya manusia yang kuat. Pembuatan dan desain dari speed boat tersebut sangat bervariasi, tentu tampilan kapal sesuai dengan peruntukannya, apakah kapal tersebut sebagai layanan angkutan, seabgai kapal patroli, keperluan wisata bahari atau bahkan bisa sebagai kapal balap yang bermaksud untuk mendapatkan kecepatan tinggi. Seperti namanya speed boat selaras dengan kecepatan yang dihasilkan, didesain dengan bentuk aerodinamis sehingga dalam lajunya bisa mengurangi hambatan yang ditimbulkan pergerakan angin. Selain power mesin yang mendorong laju dari speed boat atau fast boat tersebut agar melaju lebih cepat, tentunya sangat ditentukan dengan desain kapal. Untuk harga sewa kapal speed boat via marina ancol ini sudah lengkap untuk harga reguler, charter, dan paket mancing untuk tujuan pulau seribu jakarta silahkan hubungi ke pihak terkait, kami hanya menjual kapal dan perahu bahan fiberglass. Waktu tempuh Kapal Speedboat adalah sekitar 1 jam perjalanan dari Marina ke pulau, begitu juga sebaliknya. Speedboat dilengkapi dengan fasilitas AC, toilet, dengan tempat duduk yang cukup nyaman.

Adalah Bagus Rahargya, seorang pengusaha muda berusia 26 tahun memunculkan optimisme tersebut. Pria yang kini dipercaya meneruskan bisnis galangan kapal milik ayahnya tersebut yakin speedboat buatan anak negeri bisa bersaing dengan kapal impor.
“Kami hanya butuh penguatan merek dagang saja. Untuk kualitas produk dan lain-lain kami yakin bisa bersaing dengan kapal asing,” ungkap Bagus kepada merdeka.com, di rumahnya Kecamatan Mijen, Semarang, Jawa Tengah,   Bagus berharap, pemerintah era Jokowi-JK bisa berbuat banyak guna memperkuat brand produk kapal buatan dalam negeri. Dia merasa miris dengan jumlah kapal impor yang dipakai TNI AL mengarungi lautan. “Kenapa TNI AL sejak dulu malah menggunakan kapal buatan Amerika, padahal kami di sini bisa memproduksi barang dengan kualitas sama. Bahkan bisa lebih bagus. Pengemudi atau kapten kapal bisa duduk dalam kokpit speed boat, di ruang kemudi tersebut biasanya juga dilengkapi dengan alat komunikasi termasuk juga GPS dan pendeteksi kedalaman air tergantung faktor kebutuhan dan besar keciklnya sebuah kapal, beberapa kapal juga didesain memiliki 2 kokpit yang bisa dimanfaatkan lebih dari satu operator. Karena kecepatan yang dihasilkan dan dengan dorongan mesin yang berada dibelakang kapal kadang disebut sebagai kapal power, dan dengan berbagai fitur canggih bisa mengurangi hambatan yang dihasilkan oleh gelombang air dan bisa mencapai kecepatan maksimal.

Bukan hanya soal pemanfaatan life jacket, rendahnya budaya keselamatan juga tampak dari banyaknya motoris perahu cepat yang tidak memiliki surat kecakapan. Fenomena itu diperparah oleh munculnya pelabuhan ilegal. Karenanya, kini pemerintah tengah mengusahakan banyak hal untuk menciptakan budaya keselamatan yang lebih baik. “Termasuk kita akan membuat pelatihan untuk mendapatkan surat kecakapan motoris, seperti semacam SIM. Banyak sekali motoris kita yang tidak memiliki surat kecakapan ini,” kata Sudirman. Sudirman mengatakan, pelatihan kecakapan adalah salah satu program ke depan untuk mewujudkan budaya keselamatan di jasa transportasi air. Selain itu, pemerintah juga memerlukan fasilitas yang lebih baik dibanding selama ini. Termasuk di antaranya perlunya terminal, dermaga, hingga tempat parkir. Dengan hal itu, maka mengelola pelabuhan dan pengawasan terhadap penumpang dan transport speedboat bisa tertata.  Kita bisa mengawasi dengan lebih baik, kalau mau masuk kapal harus pakai jaket pelampung. Tidak mau ikut aturan tidak naik,” kata Sudirman. “Sebenarnya kita sudah memiliki desainnya. Daerah tidak memiliki dana untuk membangun, kita coba meminta ke Kemenhub karena nilai pembangunan Rp 100-an miliar,” kata Sudirman. Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan kota dalam perlintasan Trans Kalimantan. Keduanya terpisah oleh Teluk Balikpapan. Arus manusia antar kedua daerah itu dihubungkan transportasi air, baik menggunakan kapal feri maupun perahu cepat. Sementara itu, Masjuni, motoris speedboat di Balikpapan merasa budaya keselamatan penumpang lah yang masih rendah. Penumpang sering menolak menggunakan jaket pelampung meskipun perahu dilengkapi alat perlindungan keselamatan.

Dengan komposisi tenaga ahli yang mumpuni, kata Bagus, seharusnya pemerintah bisa memberikan dana subsidi bagi para pemilik pabrik kapal lokal. Hal ini, tentunya demi menopang industri galangan kapal nasional. “Karena kami prihatin dengan dominasi kapal-kapal asing yang ada saat ini. Kalau mau memperkuat industri kemaritiman, ya tenaga ahlinya harus ditambah lagi,” tegas pria lulusan Fakultas Teknik Jurusan Perkapalan Universitas Diponegoro tersebut. Sejak tiga tahun terakhir, pihaknya telah membangun pabrik kapal boat untuk menyuplai kebutuhan kapal dari swasta maupun pemerintah daerah. Pabrik boat yang terletak di belakang rumahnya itu mampu memproduksi kapal seharga Rp 38,5 juta-Rp 82 juta. “Kami pakai mesin pendorong berkecepatan 40 PK. Sekali produksi, kami menghabiskan biaya sekitar Rp 20 juta. Untuk membuktikan kualitas speedboat-nya, dia bahkan berencana memproduksi perdana sebuah prototipe pilot boat yang biasa dipakai untuk penjemputan nakhoda kapal di tengah laut. Perahu motor adalah perahu yang memiliki mesin. Sebagian perahu bermotor dipasangi mesin dalam, yang lain memiliki mesin tempel yang dipasang di bagian belakang, memuat mesin pembakaran dalam, kotak gigi dan baling-baling dalam sebuah unit portabel. Mesin dalam/tempel memuat cangkokan pembangkit listrik dan tempel, dan mesin pembakaran dalaman dipasang di dalam perahu, sedangkan kotak gigi dan baling-baling di luar.

Speed boat yang dirancang untuk tujuan rekreasi biasanya akan menampilkan kokpit terbuka dan dilengkapi dengan tempat duduk untuk penumpang.Kapal ini masih bisa mencapai kecepatan tinggi,namun biasanya tidak secepat kapal power yang memang dirancang khusus untuk balapan. Kapal ini cenderung seperti kapal balap,bentuknya panjang dan lambung perahu terbuat dari fiberglass yang berbentuk seperti huruf V. Dengan menggunakan fiberglass yang sangat ringan,maka berat badan kapal secara keseluruhan menjadi ringan pula sehingga sangat mendukung kecepatan dan manuver.

Cahaya Fiberglass memproduksi kapal fiberglass, kapal fiber, speedboat fiberglass, kapal patroli, kapal pesiar, kapal ambulance, kapal penumpang, kapal wisata untuk info harga dan ukuran silahkan tanyakan kebagian tim support untuk mendapatkan penawaran secara  detail. Terimakasih

Scroll to Top