Kapal Penumpang

Kapal penumpang adalah suatu kapal yang digunakan maskapai perkapalan atau persendirian dengan muatan utamanya adalah penumpang atau orang. Sedangkan kapal barang/kargo yang memiliki ruangan akomodasi untuk memuat penumpang secara terbatas tidak bisa di kategorikan sebagai kapal penumpang. Jenis-jenis kapal pertama yang dapat dijelaskan Mamang adalah jenis kapal dari spesies yang merupakan kategori spesies kapal-kapal naga ups….maksudnya kapal niaga atau dalam bahasa penjajah disebut commercial Ship atau disebut juga merchant ship. Jenis kapal niaga sangat banyak tergantung dari apa benda atau barang yang akan dimuat. Secara garis besar, kapal niaga dibagi dua jenis yaitu Kapal Barang (cargo ship) dan kapal penumpang (Passanger Ship). Kecepatan pada kapal ferry cepat merupakan faktor yang sangat penting, karena dipandang dari sisi propulsinya, performance sistem propulsi akan sangat berpengaruh pada nilai-nilai ekonomis dari kapal. Saat ini untuk rute penyeberangan Bali – Lombok dilayani oleh sekitar 12 kapal ferry, dengan waktu operasional selama 24 jam sehari. Dari kurang lebih sebanyak 12 kapal ferry, 2 diantaranya yang merupakan kapal ferry cepat aluminium. Kapal – kapal ferry cepat ini rata – rata beroperasi 1 kali sehari, menempuh jarak 53 mil dari Benoa sampai Lembar dengan kecepatan kurang lebih 20 knot, sehingga waktu tempuh dari kapal-kapal ferry cepat ini rata-rata adalah 2,5 jam. Kedua kapal ferry cepat yang beroperasi antara Benoa – Lembar terdiri dari, satu kapal dengan lambung monohull berkapasitas 248 penumpang, yang digerakkan oleh water jet, dan satu kapal catamaran berkapasitas 440 penumpang, yang digerakkan oleh submerged propeller.

Speed boat penumpang

Seperti jenis beberapa jenis kapal lain, tentu saja kapal penumpang juga membutuhkan sertifikat agar diizinkan beroperasi dan legal. Hal tersebut menjadi kewajiban bagi kapal untuk memiliki beberapa sertifikat kapal yang harus dimiliki. Begitu pula kapal penumpang ini harus memiliki sertifikat kapal penumpang pada saat kapal baru saja diproduksi atau dibeli. Untuk mendapatkan jenis sertifikat kapal penumpang, tentunya diadakan survey terlebih dahulu untuk mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk proses pembuatan. Tentunya dokumen dokumen tersebut sudah diatur ke dalam undang undang dan peraturan yang berlaku. Jika semua persyaratan sudah terpenuhi maka kapal penumpang yang bersangkutan akan mendapatkan sertifikat kapal dan surat kapal yang telah diajukan. Terdapat beberapa surat dan sertifikat kapal lainnya yang harus dipenuhi, seperti sertifikat kesempurnaan, sertifikat penumpang, sertifikat keselamatan, flag of convenience, dll.

Jual Kapal Penumpang

Kapal penumpang adalah suatu kapal yang digunakan maskapai perkapalan atau persendirian dengan muatan utamanya adalah penumpang atau orang. Sedangkan kapal barang/kargo yang memiliki ruangan akomodasi untuk memuat penumpang secara terbatas tidak bisa di kategorikan sebagai kapal penumpang. Kapal penumpang jenis lain adalah Ferry bedanya menurut Mamang, ferry adalah kapal penyebrangan dalam tujuan jarak dekat ataupun disebut disebut transportasi pantai, sungai dan danau. 
Selain mengangkut penumpang, kapal ferry biasa juga digunakan untuk mengangkut barang-barang kebutuhan mendesak seperti sayuran, daging, dan bahan makanan lainnya yang dikemas dalam kontainer yang berpendingin (refrigerated container). Selain itu adakalanya kapal ini mengangkut barang-barang curah lainnya yang berkapasitas sedikit seperti biji-bijian yang dikemas dalam goni ataupun wadah tertutup lainnya.

Scroll to Top